Optimasi OpenOffice Agar Lebih Cepat Dijalankan

Bagi pengguna linux (dan sebagian pemakai windows) mungkin sudah maklum kalo menjalankan OpenOffice itu terasa berat (walaupun saat program tersebut sudah berjalan, tidak terlalu berat). Sebagian orang telah menyarankan agar menggunakan fasilitas quickstarter pada system tray yang berguna untuk mendongkrak saat menjalankan OpenOffice.

Hal ini sempat menjadi pengaturan baku pada versi 1.x, namun pada versi 2.x pengaturan ini tidak diaktifkan. Tips berikut bukan hanya dengan mengaktifkan quickstarter, tapi ada beberapa pengaturan yang harus diubah. Lakukan langkah-langkah berikut untuk mengoptimalkan OpenOffice anda agar lebih cepat dijalankan dan dioperasikan:

1. Jalankan OpenOffice Writer

2. Pilih Tools => Options

3. Di bagian kiri, pilih Memory yang terletak di bawah direktori OpenOffice.org.

4. Ubah pengaturan yang terkait dengan Memory di bagian kanannya dengan nilai-nilai sebagai berikut :
a. Kurangi “Number of steps” pada Undo menjadi 30 (1)

b. Di bawah Graphic Cache, naikkan “Use for OpenOffice.org” menjadi 128MB. Lalu naikkan juga “Memory per object” menjadi 20MB (2)

c. Di bawah Cache for Inserted Objects, naikkan “Number of objects” menjadi 20.

d. Dan akhirnya centang Enable systray quickstarter.

e. Selanjutnya pilih “Java” di bagian kiri dan uncheck Use a Java runtime environment

Demikian tips sederhana ini, semoga bermanfaat bagi anda. Selamat mencoba!

Catatan Kaki:

1. Ini tergantung kebutuhan anda juga, namun yang jelas sebaiknya di bawah 100. Kalo saya pribadi pilih 50 karena perlu pengeditan dan menginginkan eksekusi perintah yang sebelumnya, walaupun 30 sebenarnya juga sudah cukup banyak

2. Inipun disesuaikan dengan keadaan memory anda. Jika anda hanya memiliki 128MB – 256MB, saya sarankan untuk mengubah “Use for OpenOffice.org” menjadi 64MB dan untuk “Memory per object” tetap pada pengaturan bakunya, 5MB. Jika >= 512MB maka 128MB dan 20MB untuk kedua pengaturan di atas insya Allah sudah cukup.

Sumber: http://awali.org/readarticle.php?article_id=122

One thought on “Optimasi OpenOffice Agar Lebih Cepat Dijalankan

  1. sidi says:

    Terima kasih. Sudah saya coba memang ada perubahan sedikit. Kalau saya bandingkan pada task manager dalam penggunaan memory soffice.bin menggunakan memori yang sangat besar. Bagaimana cara mengecilkannya, jika dibandingkan dengan microsoft office yang sangat kecil.

Comments are closed.